Prasarana SAR adalah tempat dan bangunan yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas/operasi SAR Kantor SAR Pangkalpinang, yang meliputi

a.       GedungKantor

Gedung Kantor SAR Pangkalpinang terdiri dari 1 lantai di atas tanah seluas 2.455m2 eks Pos SAR Babel, dibangun dari dana APBN melalui DIPA Kantor SAR Palembang Tahun 2009 dan belum mengalami perubahan (renovasi).

b.      Shelter sarana SAR darat

Kantor SAR Pangkalpinang belum memiliki shelter,untuk saat ini sarana SAR darat disimpan didalam gedung maupun dihalaman Kantor SAR Pangkalpinang.

c.       Shelter sarana SAR laut

Kantor SAR Pangkalpinang belum memiliki Rescue Boat dan untuk penempatan RIB yang dimiliki Kantor SAR Pangkalpinang ditempatkan dihalaman Kantor SAR Pangkalpinang

d.       Shelter sarana SAR udara

Kantor SAR Pangkalpinang belum memiliki sarana udara

e.       Gudang Peralatan SAR

Gudang peralatan SAR di Kantor SAR Pangkalpinang terdiri dari ruangan seluas 14x11 meter. Digunakan untuk menyimpan perlengkapan dan Peralatan SAR darat dan SAR laut.

f.        Mess SAR

Kantor SAR Pangkalpinang belum memiliki mess siaga Rescuer

g.       Tower Rappeling

Tower yang ada di Kantor SAR Pangkalpinang berdiri sejak tahun 2011, tower setinggi 12 meter ini digunakan untuk latihan SAR dan pengajaran Potensi, pengajaran kegiatan organisasi sekolah dan organisasi mahasiswa, kondisi tower saat ini dalam keadaan baik.